Teori Konstruksi Sosial Realitas

 Teori ini merupakan ide atau prinsip utama dari kelompok pemikiran atau tradisi kultural. Ide ini menyatakan bahwa sosial tercipta karena adanya interaksi antara manusia. Teori ini penting bagi peneliti yang mempelajari efekk-efek iklan, namun teori ini juga dapat diterapkan untuk mempelajari bagaimana media membentuk realita politik.

Teori konstruksi sosial realitas berpandangan bahwa masyarakat yang memiliki kesamaan budaya akan memiliki pertukaran makna yang berlangsung terus-menerus. Secara umum, setiap hal akan memiliki makna yang sama bagi orang-orang yang memiliki kultur yang sama.

Menurut Rogers dan Singhal (1995, 1996), bahwa difusi adalah proses dengan mana suatu inovasi dikomunikasikan melalui saluran tertentu pada waktu tertentu diantara para anggota sistem sosial.

Posted on July 25, 2012, in Komunikasi Massa and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: